-->

Payudara Terasa Besar Sebelah, Kenapa ?

Payudara Terasa Besar Sebelah, Kenapa ?


Tak hanya ASI yang sulit keluar atau puting lecet, masalah payudara terasa besar sebelah juga kerap melanda kaum ibu yang tengah menyusui bayi. Para wanita yang mengalami masalah tersebut pun sering menanyakan apakah hal tersebut normal. Bagaimana kondisi tersebut bisa terjadi? Simak penyebab masalah yang umum terjadi berikut ini!

Penyebab payudara terasa besar sebelah

Penyebab utama payudara terasa besar sebelah adalah pola menyusui si kecil yang cenderung lebih suka pada salah satu bagian saja.

Hal ini normal dan tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Saat menyusui bayi, sel syaraf yang ada pada payudara akan mengirim sinyal ke otak untuk melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin.

Hormon prolaktin bertugas memproduksi ASI sedangkan hormon oksitosin membantu menyalurkan asi dari payudara ibu pada sang bayi.

Semakin sering Anda memberikan ASI pada si kecil maka payudara akan membesar. Begitu pula jika salah satu bagian jarang digunakan untuk menyusui karena pola menyusui si kecil tadi, produksi ASI juga akan melambat.

Akibatnya, payudara yang jarang digunakan untuk menyusui akan terlihat lebih kecil. Kini, Anda tahu kenapa dada terasa besar sebelah, bukan?

Tips memberikan ASI lancar saat payudara besar sebelah

Anda tidak perlu khawatir jika payudara terasa besar sebelah bisa mengganggu produksi ASI. Namun, ada baiknya tetap melakukan proses menyusui si kecil menggunakan payudara yang kecil.

Kondisi ASI yang keluar mungkin tidak sebesar bagian yang lain namun hal ini bisa memicu produksi ASI akibat rangsangan isapan mulut bayi. Anda juga bisa memompa bagian yang kecil yang juga bisa membantu menyeimbangkan keduanya.

Penting sekali menyusui menggunakan payudara kanan dan kiri secara bergantian. Selain bisa menyeimbangkan besar keduanya, Anda juga bisa meminimalisir risiko payudara bengkak atau saluran ASI menjadi terhambat.

Produksi ASI yang seimbang juga bisa menyehatkan si kecil lho! Anda juga tetap bisa tampil percaya diri dengan kondisi dada yang seimbang dan sempurna.

Nah, Anda tak perlu bingung lagi kenapa payudara terasa besar sebelah mulai sekarang. Asal rutin mengganti pola menyusui, dada Anda akan tetap terlihat bagus dan nutrisi si kecil tetap tersalurkan dengan aman.

Payudara Terasa Besar Sebelah, Kenapa ? Payudara Terasa Besar Sebelah, Kenapa ? Reviewed by Belajar Sehat on August 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.