-->

Kenali Gejala Awal Asam Urat pada Kaki dan Tangan

Kenali Gejala Awal Asam Urat pada Kaki dan Tangan


Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti sudah sering mendengar bahkan kenal dengan penyakit gout atau asam urat. Penyakit yang familiar dialami oleh sebagian manula ini, kini kerap pula dialami oleh sebagian orang muda. Penyebabnya adalah faktor makanan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Lalu apa saja gejala yang biasanya dialami oleh penderitanya ?

1. Munculnya rasa nyeri pada tangan dan kaki

Gejala umum yang kerap dirasakan oleh penderita gout adalah muncul rasa nyeri di tangan dan kaki, namun terutama adalah bagian persendian. Rasa nyeri tersebut dikarenakan zat purin (uric acid) telah menumpuk, sehingga menyebabkan terjadinya peradangan di sekitar persendian tangan dan kaki, diantaranya jari, pergelangan, sendi lengan atas, maupun lutut.

Apabila kondisi ini dibiarkan dan tidak segera diobati maka akan muncul rasa nyeri berlebihan. Bukan sekedar nyeri ringan atau ngilu, namun rasa nyeri yang sangat tidak kenyamanan hingga penderitanya sulit melakukan aktivitas seperti biasa. Gejala nyeri parah ini dapat terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

2. Munculnya pembengkakan

Gejala umum lainnya yang kerap dirasakan oleh penderita gout adalah muncul pembengkakan. Bengkak ini muncul bila rasa nyeri yang mengganggu telah dirasakan. Pembengkakan dapat terjadi di tangan maupun kaki terutama area persendian pergelangan kaki dan jari. Jangan lakukan pemijatan pada bagian tubuh yang bengkak, sebab hal tersebut dapat memperburuk peradangan.

3. Ruam di kulit


Apabila penderita telah mengalami pembengkakan, maka gejala lainnya yang akan muncul ialah ruam kulit. Sebagian penderita yang mengalami pembengkakan akibat asam urat, juga mengalami ruam di kulit sekitar bagian tubuh yang bengkak. Sehingga, kulit berubah warna menjadi kemerahan.

4. Demam

Sebagian penderita asam urat juga mengalami nyeri yang disertai demam. Ciri-ciri demamnya seperti demam akibat pilek, namun demam akibat asam urat karena rasa nyeri yang tak tertahankan.

5. Pengelupasan kulit

Penderita asam urat juga dapat mengalami pengelupasan kulit di sekitar area anggota tubuh yang bengkak. Rasa nyeri pemicu peradangan sendi dan bengkak dapat pula disertai rasa gatal hingga kulit kering dan mengelupas.

Apabila gejala asam urat telah terjadi, maka penderitanya akan merasa sangat tidak nyaman akibat nyeri dan bengkak. Bahkan hingga aktivitas sehari-hari penderitanya menjadi terganggu sebab kesulitan untuk berdiri dan berjalan.

Kenali Gejala Awal Asam Urat pada Kaki dan Tangan Kenali Gejala Awal Asam Urat pada Kaki dan Tangan Reviewed by Belajar Sehat on August 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.