-->

5 Makanan yang Bisa Mengatasi Darah Tinggi


5 Makanan yang Bisa Mengatasi Darah Tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi apabila tidak ditangani dapat berakibat fatal. Dampak terburuknya bahkan sampai bisa menghilangkan nyawa. Makanan tinggi natrium/sodium menjadi pantangan bagi para penderita hipertensi. Berikut ini makanan-makanan yang diyakini bisa mengatasi darah tinggi antara lain :

1. Kentang panggang

Makanan ini kaya magnesium serta potasium. Kedua nutrisi tersebut bagian penting dalam diet bagi penderita darah tinggi. Menu yang kaya kandungan kalium dapat membantu tubuh agar lebih efisien melakukan pembuangan natrium/sodium berlebihan.


Magnesium dapat membantu melancarkan peredaran darah. Menurut seorang ahli nutrisi Joy Bauer, makanan kaya kalium mendukung tubuh agar lebih efisien menyingkirkan kelebihan sodium/natrium.

2. Susu non fat

Susu non fat atau susu skim menjadi salah satu sumber vitamin D dan kalsium. Dua nutrisi tersebut berfungsi mampu mengatasi darah tinggi sekitar 3-10 %. Selain itu, berdasarkan penelitian, terungkap bahwa orang yang jumlah asupan kalsiumnya rendah berisiko lebih tinggi terhadap penyakit darah tinggi.

Selain itu, dengan mengonsumsi susu non fat setiap hari dapat menurunkan risiko serangan penyakit jantung sekitar 15 %.

3. Putih telur

Penelitian mengungkap bahwa putih telur dapat menurunkan serangan penyakit darah tinggi. Telur juga telah lama diketahui sebagai sumber salah satu sumber protein, dan vitamin D.


Dilansir dari Men's Health, seekor tikus yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi berhasil mengalami penurunan pada tekanan darahnya saat diberikan makanan berupa putih telur.

4. Brokoli

Sayuran yang satu ini merupakan salah satu makanan yang diyakini bisa mengatasi darah tinggi karena mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang memiliki manfaat menngurangi tekanan darah. Brokoli diketahui mengandung senyawa yang bisa membantu menurunkan jumlah kerusakan arteri akar masalah tekanan darah meningkat.

5. Buah bit

Sesudah minum jus Bit sekitar 8 ons, mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi sekitar 10 mmHg. Dengan mengonsumsi setiap hari, maka dapat mengobati hipertensi. Kandungan nitrat berfungsi membuat pembuluh darah lebih lebar dan melancarkan aliran darah.

Selain 5 makanan di atas, ada pula cokelat hitam, buah delima, pisang, biji rami, minyak wijen, kacang almond, dan oatmeal yang juga baik dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi.

5 Makanan yang Bisa Mengatasi Darah Tinggi 5 Makanan yang Bisa Mengatasi Darah Tinggi Reviewed by Belajar Sehat on August 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.