-->

Awas, Terlalu Banyak Asupan Garam Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Awas, Terlalu Banyak Asupan Garam Berdampak Buruk untuk Kesehatan


Tak dipungkiri bahwa garam dapur merupakan bahan penting dalam sebuah masakan. Bumbu yang satu ini mampu memperkuat rasa dan menjadikan masakan terasa lebih lezat. Selain itu, bumbu yang satu ini memiliki manfaat bagi kesehatan.

Garam dapur memiliki 2 unsur yakni klorida dan natrium (sodium). Manfaat garam dapur bagi kesehatan dapat dinikmati bila jumlah keseluruhan yang dikonsumsi oleh tubuh sesuai dengan kadar normal yang ditentukan, yakni tidak lebih dari 6 gram setiap hari atau setara dengan 1 sendok teh setiap hari. Mengapa demikian?

Apabila kadar natrium pada aliran darah berlebihan, maka organ ginjal akan bertugas membuang kelebihan natrium melalui urine. Akan tetapi bila kadar berlebihan itu terlalu tinggi dan terjadi setiap hari, maka kinerja organ ginjal akan terlalu berat. Akan datang masanya dimana organ ginjal akan mengalami kelelahan hingga tidak mampu lagi membuang kelebihan natrium tersebut.

Apabila ginjal sudah tidak sanggup bekerja optimal, maka kelebihan natrium akan menumpuk pada darah. Natrium tertumpuk akan menjadikan darah lebih kental hingga volume darah meningkat dan mengakibatkan organ jantung bekerja keras serta menaikkan tekanan pada pembuluh darah arteri.

Natrium pada garam dapur juga memiliki banfaat untuk menjaga kesehatan saraf. Natrium memainkan peranan utama untuk mengirim impuls saraf ke seluruh jaringan tubuh dari otak. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi natrium justru akan memberikan efek serius bagi tubuh karena mengganggu kinerja saraf normal. Para peneliti mengungkapkan bahwa membatasi konsumsi natrium sesuai kadar normal dapat menyeimbangkan jumlah mineral di dalam tubuh.

Apa dampak buruk jika kita mengonsumsi garam dapur terlalu banyak? Apabila jumlah konsumsi garam berlebihan, maka tubuh akan menjadi lebih rentan terserang beberapa jenis penyakit berbahaya diantaranya yaitu : hipertensi, penyakit jantung, kanker lambung, stroke, kerusakan ginjal, kerusakan saraf dan gangguan kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, cermati jumlah konsumsi natrium setiap hari agar tidak melebihi batas normal konsumsi. Dengan demikian, manfaat natrium akan dirasakan tubuh dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Awas, Terlalu Banyak Asupan Garam Berdampak Buruk untuk Kesehatan Awas, Terlalu Banyak Asupan Garam Berdampak Buruk untuk Kesehatan Reviewed by Belajar Sehat on August 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.