-->

5 Manfaat Buah Nanas yang Baik untuk Tubuh

5 Manfaat Buah Nanas yang Baik untuk Tubuh

Buah nanas yang merupakan buah tropis tak kenal musim panen ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah nanas cukup banyak diantaranya kandungan vitamin C, B6, B1, dan folat. Kandungan serat tinggi dalam buah nanas juga berperan baik bagi sistem pencernaan.

Berikut ini ulasan 5 manfaat buah nanas yang baik bagi tubuh:

1. Menurunkan tingkat tekanan darah

Kandungan kalium di dalam buah nanas dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Dengan demikian, resiko serangan stroke pun akan menurun.

Sebab tekanan darah yang tinggi selalu dihantui oleh risiko serangan stroke bahkan pecahnya pembuluh darah yang sulit ditangani dapat menyebabkan kematian.

2. Mencegah penyakit kolesterol 

Didalam buah nanas mengandung pula asam malat serta asam sitrat. Kedua zat tersebut sangat baik guna menghancurkan lemak yang tertumpuk di dinding pembuluh darah. Penumpukan lemak jahat di pembuluh darah dapat menjadi penyebab penyakit kolesterol.

Sebab itulah nanas menjadi buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit kolesterol, baik secara langsung bebentuk potongan maupun berupa jus nanas.

3. Baik bagi sistem pencernaan

Berdasarkan penjelasan dari Medical Center Maryland Universiy, nanas memiliki enzim bromelain. Manfaat enzim tersebut membantu usus memecah serta menyerap protein secra maksimal. Buah nanas juga memiliki kandungan serat yang tinggi, namun serat dalam nanas termasuk jenis serat yang mudah larut.

Agar sistem penceranaan tetap normal, dianjurkan mengonsumsi nanas sekitar 14 gram perharinya. Mengonsumsi nanas juga dapat meredakan kemunculan refluks atau gas di sistem pencernaan secara alami. Kandungan bromelain memiliki sifat menenangkan perut.

4. Meningkatkan Imunitas

Nanas yang kaya kandungan vitamin C sangat baik bagi tubuh. Sifat vitamin C yang larut air berperan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan kolagen dalam nanas mampu menjaga kesehatan organ dalam dan pembuluh darah.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung
 
Manfaat lain nanas ialah kandungan zat baik dalam nanas dapat menghancurkan penumpukan lemak di pembuluh darah, maka nanas dapat pula menurunkan risiko berhentinya aliran darah arteri koroner yang menyebabkan iskemia kemudian sel-sel jantung mati.

Buah nanas salah satu buah tropis yang mempunyai rasa manis serta sedikit asam. Nanas mengandung vitamin dan antioksidan sehingga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Buah Nanas yang Baik untuk Tubuh 5 Manfaat Buah Nanas yang Baik untuk Tubuh Reviewed by Belajar Sehat on August 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.