-->

4 Aktivitas Olahraga di Pagi Hari agar Tubuh Tetap Sehat

4 Aktivitas Olahraga di Pagi Hari agar Tubuh Tetap Sehat

Tubuh sehat, cerminan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat ialah berolahraga. Melakukan olahraga sebenarnya tidak harus mahal seperti pergi ke tempat fitness. Olahraga ringan secara rutin setelah bangun pagi sudah cukup untuk membuat badan lebih sehat dan fit untuk menghadapi aktivitas.

Berikut ini 4 aktivitas olahraga ringan di pagi hari supaya tubuh selalu sehat :

Jogging

 Alat treadmill tentunya mahal, tapi bukan berarti Anda jadi malas berolahraga. Lakukan jogging di rumah. Manfaatkanlah halaman rumah lalu targetkan banyaknya putaran jogging, misal 50 kali putaran atau 100 kali putaran.

Selain halaman rumah, mengelilingi komplek perumahan juga bisa menjadi lahan jogging Anda. Lakukanlah pemanasan lebih dulu sebelum memulai jogging agar Anda terhindar dari cedera otot. Kegiatan jogging tidak memerlukan waktu yang lama, namun sebaiknya rutin dilakukan setiap pagi.

Turun-naik tangga 

Apabila rumah Anda dibangun berlantai dua, maka tangga rumah dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berolahraga ringan sekaligus murah. Ketika melakukan olahraga ini, targetkan banyaknya turun-naik tangga, misalnya 50 kali turun-naik atau 100 kali turun-naik.

Lakukan olahraga ini secara rutin setiap hari agar badan tetap sehat dan fit. Fungsi olahraga ini hampir sama dengan jogging yakni menyehatkan jantung, membakar lemak dan melatih otot pada kaki.

Baca Juga 

Olahraga pernafasan

 Salah satu olahraga pernafasan yang terkenal adalah Tai Chi. Olahraga ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Olahraga ini ringan, lakukanlah secara rutin di halaman rumah sambil menghirup udara bersih setiap pagi hari.

Berbeda dengan kebanyakan olahraga lain yang berkonsep No pain, no gain. Olahraga ini ringan ini dapat membakar banyak kalori di tubuh, melancarkan peredaran darah, menyehatkan jantung dan paru-paru, meningkatkan konsentrasi, sekaligus menyehatkan mental. Gerakan olahraga ini sangat mudah dan gerakannya dapat dilihat melalui video tutorial di youtube.

Push up

Olahraga push up dan sit up termasuk olahraga yang memiliki gerakan yang mudah dilakukan. Gerakan olahraga push up diawali dengan posisi tengkurap. Jadikan tangan kiri dan kanan sebagai tumpuan badan. Selanjutnya dorong badan ke atas menggunakan kekuatan tangan. Lalu turunkan badan ke arah lantai (badan jangan menyentuh lantai) namun posisi badan serta kaki terjaga lurus. Lakukanlah gerakan itu secara berulang.

Itulah empat olahraga ringan dan kebanyakan orang pasti bisa melakukannya di rumah.

Jangan lewatkan pemanasan sebelum berolahraga. Pastikanlah Anda memiliki tekat kuat untuk melakukan olahraga secara rutin serta memperbanyak konsumsi air putih. Dengan demikian, badan akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

4 Aktivitas Olahraga di Pagi Hari agar Tubuh Tetap Sehat 4 Aktivitas Olahraga di Pagi Hari agar Tubuh Tetap Sehat Reviewed by Belajar Sehat on March 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.