-->

4 tips yang ampuh menghilangkan stres saat hamil

rsz_w

Mengalami stres disaat kalian hamil merupakan masalah paling sering dialami oleh ibu hamil, pada trimester awal , tengah hingga akhir. Kondisi terbilang wajar karena ibu hamil mengalami banyak perubahan. Perubahan pada emosi, tubuh dan juga mental yang sering membuat ibu hamil tidak siap.

Tapi jangan dibiarkan stres ini menjadi buruk ditakutkan akan bedampak buruk pada kesehatan bayi. Ada banyak bahaya karna terlalu banyak pikiran untuk ibu hamil seperti masalah penyebab janin ataupun kekurangan oksigen dalam kandungan.

Pasti masalah ini akan berdampak bahaya sampai sampai bisa menjadi penyebab keguguran hamil muda dan semua tahap trimester. Usahakan ibu hamil selalu mendapat dukungan pasangan yang akan membuat dia meresa bahagian.

Berikut adalah tips tips menghilangkan stres pada ibu hamil :

1. Berinteraksi dengan suami

Karna ibu hamil memiliki rasa cemas yang berlebihan maka sangat penting peranan suami akan sangat dibutuhkan. Interaksi kalian dengan suami akan mengatasi dan membantu saat merasakan khawatin yang berlebih.

Tidak hanya membantu mengatasi khawatin berlebih , berinteraksi dengan suami juga dapat membantu untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi saat kehamilan berlangsung. Seperti mengambil keputusan dan merencanakan berbagai persiapan bagi bayi yang ditunggu tunggu juga akan membantu meringankan beban ibu hamil.

2. Beristirahat dengan nyaman

Pada tahap kehamilan trimester pertama, biasa ibu hamil akan lebih sering mengalami kesulitan untuk tidur. Disebabkan karna ibu hamil ada yang merasakan mual, muntah ataupun sesak napas.

Hal yang terlihat normal, tapi jangan diremehkan efeknya akan menyebabkan preeklampsia adalah dimana seorang ibu hamil yang mengalami peningkatan tekanan darah. Bukan hanya itu saja , efek dari kurang tidur juga bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Keuntungan untuk ibu hamil bila istirahat dengan cukup bisa mengembalikan tenaga yang hilang , mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru didalam tubuh, bisa juga meningkatkan imunitas tubuh dan memberi kemampuan fisik seta konsentrasi.

3. Mengkonsumsi makanan yang bisa mengurangi stres

Tidak hanya mengarasi stres mengkonsumsi makanan yang sehat saat hamil baik untuk tubuh kalian. Banyaklah memakanan yang mengandung omega-3, vitamin dan mineral, dapat meningkatkan suasana hati ibu hamil. Seperti :
  • Ikan
  • Kacang Almond 
  • Coklat hitam
  • Susu
  • Brokoli
Dengan rutin memakan ikan otomasin asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dan makanan laut dapat membantu mengurangi stres. Ikan yang seperti apa ? seperti ikan salmon, tuna, mackerel, sarden, trout dan pilchards secara rutin.

Mengkonsumsi kacang almond juga bisa membantu meningkatkan mood atau suana hati akibat gejala stres dan bukan itu saja , Coklat hitam juga merupakan anti afrodisiak yang bisa meningkatkan libido serta bisa menghilangkan stres.

Susu dan brokoli juga tidak kalah , Kandungan Vitamin B didalam brokoli dan susu sangat ampuh untuk meredakan stres. selain itu susu juga terdapat Vitamin B12 kandungan yang berfungsi sebagai antioksida yang sangat baik serta sangat penting untuk melawan radikal bebas.

4. Berolahraga

Manfaat Olahraga untuk ibu hamil adalah mengurangi morning sickness yang dialaminya, selain itu cocok juga untuk ibu hamil dengan kandungan berumur tua untuk melancarkan persalinan.

Olahraga yang dilakukan ibu hamil tidak boleh sembarangan dilakukan, harus dengan tatacara yang benar agar tidak membahayakan kandungan. Lakukan Pemanasan mengurangi terjadinya kram otot perut, jika tidak melakukan pemanasan ibu hamil rentan terkena kram perut.

Meski melakukan olah raga ringan atau senam hamil, tetap ibu hamil dilarang untuk terlalu capek. Karna terlalu cape malah akan membuat nafas ibu hamil ngos-ngosan bahkan sampai terkena sesak nafas.

Tidak menindih perut bila ibu hamil melakukan olah raga senam hamil dengan gerakan hampir mencium lantai diharapkan untuk tidak sampai menindih perutnya. Karna akan menjepit atau menggencet janin yang berada didalam perut.

Ibu hamil yang sedang menjalankan olah raga jogging atau jalan-jalan santai tetap berhati hari jangan sampai terjatuh. Keseimbangan ibu akan terganggu ketika usia kandungan memasuki empat bulan.

Beberapa dari ibu hamil malas berolahraga, jangankan berolahraga beberapa dari ibu hamil juga bahkan tidak mau melakukan aktivitas karna malas. Kebanyakan menghabiskan waktur ditempat tidur tidak baik untuk ibu hamil karna akan mengalami bahaya obesitas bagi ibu hamil, lemas dan lesu yang berlebihan.

4 tips yang ampuh menghilangkan stres saat hamil 4 tips yang ampuh menghilangkan stres saat hamil Reviewed by Belajar Sehat on October 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.